Mounev

Mar, 11 2022 . 11 min read

Belajar Desain Grafis Otodidak dengan Mudah hanya di Sarcas

Desain grafis merupakan kegiatan penciptaan komposisi visual, secara manual ataupun menggunakan software di computer, untuk mengomunikasikan ide yang menginspirasi dan menginformasikan sebuah pesan lewat seni visual melalui tipografi, citra, warna, dan bentuk. Tidak ada satu cara pasti untuk melakukannya, maka dari itu ada beberapa jenis fokus ilmu di desain grafis, dengan spesialisasinya masing-masing.

Setiap tipe desain grafis membutuhkan seperangkat keterampilan dan teknik desain tertentu. Banyak desainer grafis memfokuskan diri dalam satu tipe atau bahkan dalam beberapa tipe yang masih dalam satu rumpun. Namun, dikarenakan industri desain terus berkembang, para desainer grafis harus terus menjadi pembelajar yang mudah beradaptasi, sehingga mereka dapat mengganti atau menambahkan spesialisasi mereka selama berkarir di bidang desain grafis.

Dalam era digital seperti sekarang ini, desainer grafis memiliki peran penting dalam berbagai urusan, mulai dari kampanye sosial hingga melakukan bisnis secara online. Banyak perusahaan dan organisasi saat ini memerlukan desainer grafis. Kabar baiknya adalah, jika Anda ingin terjun ke dunia desain grafis, Anda tidak harus menempuh pendidikan di jurusan desain grafis (atau sering disebut Desain Komunikasi Visual). Cukup dengan berlangganan kelas di Sarcas, Anda bisa segera menjadi seorang desainer grafis handal.

Sarcas merupakan wadah bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai desainer grafis. Di Sarcas, Anda dapat menemukan banyak online course yang bisa mendukung Anda sebagai penggiat desain grafis, termasuk skill apa saja yang harus dikuasai bila ingin menjadi seorang desainer grafis profesional. Terdapat total 5 kelas di Sarcas, yaitu, Kelas Cepat Desain Grafis dengan Menggunakan CorelDraw, Basic Software Desain Photoshop, Basic Software Desain Adobe Illustrator, Membuat 3D dengan SketchUp, serta Cara Mudah Membuat Microblog dengan Photoshop. Berikut akan dibahas 3 dari total 5 kelas yang terdapat di Sarcas.

CorelDraw adalah software computer editor grafik vektor yang berfungsi untuk mengolah gambar. CorelDraw dapat digunakan untuk membuat desain logo, brosur, poster, sampul dan ilustrasi buku, bahkan hingga maskot. Software ini juga sangat user friendly karena tampilannya yang bersahabat. Sarcas menyediakan sebanyak 25 video dengan total durasi 7 jam materi kursus untuk Anda yang ingin belajar CorelDraw dari nol. Kelas ini menuai beberapa komentar positif, dikatakan oleh Bahyudin dan Mirzam bahwa kelas CorelDraw dari Sarcas “materinya mudah dipahami dan penyampaiannya santai.”

Photoshop merupakan aplikasi perangkat lunak untuk mengedit dan mengubah komposisi gambar. Sama dengan Photoshop, Illustrator juga dapat digunakan untuk mengolah karya grafis, namun perbedaannya, karya hasil olah Illustrator berbentuk vektor. Keduanya diproduksi dan dikembangkan oleh Adobe Systems. Keduanya sama-sama memiliki fitur unggulan. Pada Photoshop, terdapat tools layers untuk menambahkan lapisan gambar atau foto, serta eyedropper yang digunakan untuk mengambil warna dari layer. Sedangkan pada Illustrator, terdapat pen tool dengan fungsi untuk menggambar semua bentuk yang bisa kita bayangkan, ada juga clipping mask yang dapat digunakan untuk memindahkan pola atau warna dari satu benda ke benda lain. Semua fitur unggulan dari Photoshop dan Illustrator ini dijelaskan secara rinci dalam online course dari Sarcas.

Menguasai aplikasi desain grafis seperti CorelDraw, Photoshop, dan Illustrator adalah hal yang penting untuk membuat karya grafis Anda semakin lebih bagus. Selain menguasainya, Anda juga harus memahami dasar dari ilmu desain grafis. Jangan khawatir, semua itu bisa Anda pelajari di Sarcas! Jika Anda membeli kursus dari Sarcas, Anda dapat mengakses kursus tersebut selamanya. Anda juga akan mendapatkan sertifikat penyelesaian online course setiap kali Anda menyelesaikan kursus. Tunggu apa lagi? Segera berlangganan kursus dari Sarcas, sekarang.

Related